LIBRERIA ACQUA ALTA, Toko Buku di Tepi Sungai

Berbicara toko buku, kalau di Indonesia toko buku konvensional yang paling tenar adalah Gramedia. Selain itu, ada pula toko buku diskon Togamas yang sering dikunjungi mahasiswa, di luar itu ada toko buku Gunung Agung, toko buku Utama, toko Buku Salemba, dan toko buku lainnya.

Di luar toko buku konvensional, ada pula beberapa toko buku independen yang menawarkan berbagai koleksi berbeda dibandingkan dengan toko buku konvensional.

Dari penelusuran Pamerbuku, beberapa toko buku independen yang ada di Jakarta antara lain, Aksara, Gerai Salihara, POST Bookshop, Seumpama Books, Art&Science, dan Limma Bookshop,

Lalu bagaimana dengan gambaran toko buku di luar Indonesia? nah kami menemukan salah satu toko buku unik yang ada di Negerinya legenda sepakbola dunia Alessandro Del Piero, yakni Italia.

Ada sebuah toko buku yang bernama Libreria Acqua Alta Bookstore, toko buku ini unik karena berada di tepi sungai kota Venesia, Italia. Jadi, toko buku itu berdiri di tepi kanal sungai di Venesia.

Di klaim sebagai salah satu toko buku yang terindah, mendirikan toko buku di tepi sungai disebut memiliki risiko yang cukup besar. Pasalnya, ada potensi kebanjiran ketika air sungai meluap.

Hal itu pastinya akan membuat buku yang berbahan kertas akan lenyap seketika saat terendam air sungai yang meluap.

Namun, Luigi Frizzo sudah memiliki tekad yang kuat untuk membangun toko buku di tepi sungai itu pada 15 tahun silam.

Toko buku ini mengklaim sebagai yang terindah di dunia, hal itu tampak pada tulisan di papan selamat datang toko buku tersebut.

Apa yang membedakan toko buku ini dengan toko buku lainnya? Libreria Acqua Alta Bookstore menata koleksi bukunya secara bertumpuk memenuhi dinding. Selain itu, ada pula yang ditempatkan pada bak mandi, perahu, kano, dan gondola.

Tujuannya, agar ketika air kanal meluap dan masuk toko, buku-buku yang dijajakan di sana bisa tetap aman.

Nah, uniknya toko buku di Italia ini tidak hanya sampai di situ saja. Toko buku itu memiliki bagian belakang, dan di sana ada tangga yang dibuat dari buku-buku tebal sehingga tampak eksotik.

Alasan penggunaan buku tebal sebagai pembentuk tangga adalah karena masyarakat saat ini kurang minat membaca buku dengan ribuan halaman lagi.

Hasilnya cukup cantik dan bisa dijadikan tempat untuk berfoto sebagai bukti kalian pernah ke Italia, dan mendatangi salah satu toko buku terindah tersebut.

Libreria Acqua Alta Bookstore menawarkan koleksi buku dari bermacam-macam bahasa. Dari jenisnya, ada novel, biografi, apnduan wisata, buku anak, sampai peta.

Selain menjajakan buku, Libreria Acqua Alta Bookstore juga menjual benda-benda unik yang mungkin cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Toko buku ini buka setiap hari dari pukul sembilan pagi hingga delapan malam.

Selain itu, toko buku yang beralamat lengkap di Calle Lunga Santa Maria Formosa (517 / B – Castello, 30122 Venesia, Italia) ini banyak dijumpai kucing yang manis. Kebanyakan kucing liar yang mencari tempat berteduh atau terbawa aliran sungai ketika banjir. [SRY/Trivia]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *