TAMAN BACA AMIN, Baca dengan Kesejukan

Suasana pegunungan yang dingin sambil membaca buku dengan secangkir teh mungkin nikmat sekali. Nah, Imajinasi ini bisa dijadikan nyata kalau bermain ke Batu, Malang, loh.

Ada sebuah tempat membaca buku menarik di sana bernama Taman Baca Amin. Taman baca itu dimiliki oleh Jatim Park Group.

Secara spesifik, Taman Baca Amin ini berbentuk dari kumpulan kontainer, total tempat baca buku itu terdiri dari 21 kontainer. Lalu, 21 kontainer itu dibentuk dan dibagi menjadi empat ruangan yang dibedakan berdasarkan warna.

 Rinciannya, ruang pertama warna merah terdiri dari 6 kontainer, ruang kedua warna kuning terdiri dari 4 kontainer, ruang ketiga warna biru terdiri dari 8 kontainer, dan ruang keempat warna hijau terdiri dari 3 kontainer.

21 kontainer itu disusun menjadi tiga lantai, setiap lantainya pun memiliki fungsi masing-masing yang bukan sekedar taman baca saja. Pada lantai pertama, Taman Baca Amin juga menyediakan poli gigi.

Lalu, pada setiap kontainer itu pun memiliki jalur penghubung seperti jembatan. Di koridor penghubung ini ada beberapa kursi dan meja yang bisa dijadikan pilihan spot untuk membaca buku sambil menikmati hawa segar Batu.

Adapun, beberapa sumber mencatat, Taman Baca Amin ini buka dari pukul 14:00 WIB sampai 21:00 WIB. Kalau mau masuk dan menikmati koleksi bacaan di sana pun tidak perlu merogoh kocek apapun alias gratis.

Jam operasinya sampai malam itu membuat pengunjung bisa menikmati buku sambil melihat keindahan malam Batu, Malang. Suasana malam hari pun semakin gemerlap seiring dengan cahaya lampu yang membuat material bangunan lebih futuristik lagi.

Taman Baca Amin ini berdiri sejak 30 November 2008, nama Amin dipilih karena mengambil nama salah satu sesepuh di Jatim Park. Selain itu, filosofi nama Amin juga berarti doa dalam kebaikan karena setiap doa pasti menyebut kata tersebut.

Desain bangunan Taman Baca Amin itu dirancang oleh konsultan arsitektur Dpavilion. Taman Baca Amin pun memiliki filosofi, masyarakat menengah ke bawah masih memiliki hak untuk fasilitas hiburan dan sarana pendidikan di tengah era industrialisasi saat ini.

 

Koleksi Buku Taman Baca Amin

Adapun, koleksi buku di Taman Baca Amin ini bisa dibilang lumayan banyak. Beberapa sumber mencatat bahan pustaka di sana ada sekitar 10.000 eksemplar dengan rincian perbandingan fiksi dan nonfiksi sebesar 60:40.

Pengelola pun menyimpan koleksi buku disesuaikan dengan warna kontainer. Pada kontainer berwarna biru, koleksi di sana berisi tentang pengetahuan umum, kesehatan, filsafat, horoskop, manajemen, politik, psikologi, manusia, agama, kebudayaan, dan teknologi lingkungan.

Pada kontainer warna kuning, koleksi yang tersedia di sana antara lain, resep makanan dan minuman, dan buku penunjang gizi balita. Lalu, kontainer merah memiliki koleksi seperti kamus, komputer, ensikloperdia, ilmu alam, psikologi, ilmu sosial, bahasa, sejarah, dan sastra.

Selain itu, Taman Baca Amin juga menyediakan ruang baca anak yang memiliki koleksi buku cerita, dongeng, buku penunjang pelajaran, dan komik. Selain itu, di ruang membaca juga banyak aktivitas lainnya seperti menggambar sampai story telling.

Nah, buat warga luar kota Batu yang penasaran sama Taman Baca Amin, bisa saja coba nikmati sensasi membaca buku di tengah suasana dingin kota tersebut.

BACA JUGA : Libreria Acqua Alta, Toko Buku Di Tepi Sungai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *