LIBRERIA ACQUA ALTA, Toko Buku di Tepi Sungai

Toko buku berarti berisi kumpulan buku yang dijajakan agar dibeli oleh pengunjung. Bentuknya, rata-rata kaku dengan kumpulan banyak rak, lokasi pun mayoritas di kota besar maupun pusat perbelanjaan.

Seperti beberapa toko buku di Indonesia yakni, Gramedia, Togamas, Gunung Agung, Utama, Salemba, dan lainnya.

Di luar itu, ada pula beberapa toko buku independen yang menawarkan koleksi berbeda dibandingkan toko buku komersial.

Dari penelusuran Pamerbuku, beberapa toko buku independen yang ada di Jakarta antara lain, Aksara, Gerai Salihara, POST Bookshop, Seumpama Books, Art&Science, dan Limma Bookshop,

Lalu bagaimana dengan gambaran toko buku di luar Indonesia?

Nah kami menemukan salah satu toko buku unik yang ada di Italia.

Ada sebuah toko buku yang bernama Libreria Acqua Alta Bookstore. Toko buku ini unik karena berada di tepi sungai kota Venesia, Italia.

Posisi toko buku yang berada di tepi sungai ini membuat Libreria Acqua Alta mengklaim sebagai toko buku terindah di dunia.

Walaupun, pendirian toko buku di tepi sungai memiliki risiko besar seperti potensi banjir karena air meluap.

Hal itu pastinya akan membuat buku yang berbahan kertas akan rusak seketika saat terendam air sungai yang meluap.

Namun, Luigi Frizzo sudah memiliki tekad yang kuat untuk membangun toko buku di tepi sungai pada 15 tahun silam.

Klaim sebagai toko buku terindah di dunia pun tampak dari ucapan selamat datang yang tertulis di depan toko buku tersebut.

Dalam tata bukunya, toko buku di Italia itu tidak hanya menumpuknya memenuhi dinding. Namun, juga menempatkan buku pada beberapa tempat yang unik seperti, bak mandi, perahu kano, dan gondola.

Beberapa buku diletakkan di bak mandi dan kano dengan tujuan agar ketika air meluap, buku-buku yang dijual di sana tetap aman.

Pada bagian belakang toko buku ini juga terdapat tangga yang dibuat dari susunan buku-buku berhalaman tebal. Hal itu membuat pemandangan tampak eksotik dan menarik jadi bahan foto-foto yang siap posting di media sosial seperti, Instagram.

Sang empunya toko buku pun menggunakan buku tebal sebagai hiasan berbentuk tangga itu bukan tanpa alasan. Dia menilai saat ini masyarakat kurang berminat membaca buku dengan jumlah halaman hingga ribuan, sehingga itu dimanfaatkan untuk hiasan yang unik.

Hasilnya cukup cantik dan bisa dijadikan tempat untuk berfoto sebagai bukti kalian pernah ke Italia, dan mendatangi salah satu toko buku terindah tersebut.

Bukan Hanya Buku

Libreria Acqua Alta Bookstore menawarkan koleksi buku dari bermacam-macam bahasa. Dari jenisnya, ada novel, biografi, apnduan wisata, buku anak, sampai peta.

Selain menjajakan buku, Libreria Acqua Alta Bookstore juga menjual benda-benda unik yang mungkin cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Toko buku ini buka setiap hari dari pukul sembilan pagi hingga delapan malam.

Nah, bukan cuma buku saja yang ada di toko buku Libreria itu loh, kalian juga bakal banyak menemukan kucing-kucing manis di sana. Namun, itu bukan kucing peliharaan yang punya toko buku, tetapi kucing liar yang mencari tempat berteduh atau yang terbawa arus sungai ketika banjir.

Kalau yang mau datang ke toko buku itu bisa menghampirinya di alamat Calle Lunga Santa Maria Formosa (517 / B – Castello, 30122 Venesia, Italia).

BACA JUGA : MILKOE BISTREAU, Berakhir Pekan dengan Buku

1 thought on “LIBRERIA ACQUA ALTA, Toko Buku di Tepi Sungai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *