RIMBA BACA, Ajak Si Bocah Membaca

Gawai dan pusat perbelanjaan menjadi dua instrumen pengisi waktu luang anak-anak. Alasannya, dengan gawai mereka bisa anteng dan tidak banyak tingkah, sedangkan di pusat perbelanjaan orang tua  bisa sambil mencari kebutuhan sehari-hari.

Namun, anak-anak juga harus diperkenalkan dengan buku, yang kerap disebut jendela  dunia. Selain menambah wawasan, dengan mengenalkan anak kepada buku juga akan menumbuhkan minat baca sejak dini.

Ada salah satu rumah baca ramah anak di kawasan Jakarta, namanya Rimba Baca yang alamat detailnya berada di Jalan RSPP nomor 21 B, Jakarta Selatan.

Suasana Rimba Baca yang dipenuhi dengan anak-anak. (sumber : Astralife)

Rimba Baca menyediakan ruangan perpustakaan yang ramah anak. Untuk mengunjungi RImba Baca dan mengajak si kecil mengeksplor perpustakaan lucu ini, orang tua hanya perlu merogoh kocek Rp25.000 per orang.

Dari berbagai ulasan, disebut kalau Rimba Baca memang dibangun untuk perpustakaan yang nyaman dan terasa seperti di rumah sendiri.

Adapun, Rimba Baca membagi koleksi bukunya ke dalam dua bagian yakni, pada lantai satu berisi koleksi buku anak untuk tiga kelompok usia seperti, 0 – 3 tahun, 4 – 8 tahun, dan 9 – 12 tahun.

Lalu, pada lantai dua menjadi tempat koleksi buku bagi para orang tua dan pendamping. Jadi, sambil mendorong minta baca anak-anak, Rimba Baca juga ingin mendorong orang tua juga ikut membaca.

Selain menyediakan buku, Rimba Baca juga memiliki fasilitas permainan yang edukatif, boneka lucu, dan topi unik yang bebas dimainkan oleh anak-anak. akan acara yang bisa menambah wawasan anak-anak.

Selain untuk mengajak anak-anak dan orang tua membaca, Rimba Baca juga kerap mengadakan acara yang bisa menambah wawasan anak-anak maupun orang tua.

Dari grup Facebook Rimba Baca, pada 12 Agustus 2017 kemarin baru saja melakukan acara bersama yayasan terumbu ripa. Dalam acara itu, anak-anak diperkenalkan terkait pentingnya menjaga terumbuh karang lewat dongeng Kori, Koca dan si Biru di Rimba Baca.

Tak hanya mendengarkan dongeng, tetapi anak-anak juga diajak mewarnai tote bag yang bergambar para tokoh dalam dongeng. Adapun, mewarnai totebag dipilih sebagai cara memperkenalkan kepada anak untuk menggunakan totebag sebagai usaha mengurangi pengguaan plastik.

Dalam acara kemarin, orang tua cukup merogoh kocek Rp150.000 untuk membiarkan anaknya bisa menambah wawasan.

Acara yang digarap Rimba Baca pun bukan hanya untuk anak-anak, tetapi juga orang tua dan keluarga. Salah satunya dalam acara Rimba Baca dan Safe Kids Indonesia bertajuk Menjaga Anak Tetap Selamat pada 30 Juli 2017 kemarin.

Dalam acara itu, orang tua dan bagian keluarga lainnya diajarkan dan belajar bersama terkait keselamatan anak serta pembelajaran penggunaan P3K praktis. Bukan hanya itu, keluarga juga diajarkan terkait Cardiopulmonary Resusication (CPR) atau memberi nafas buatan.

Untuk mengikuti acara itu, orang tua cukup merogoh kocek Rp350.000 untuk dua orang atau Rp200.000 per orang.

Pinjam Buku

Sementara itu, Rimba Baca juga mengizinkan orang tua atau anak yang sudah terdaftar menjadi anggotanya untuk meminjam koleksi buku di sana.

anak-anak diberikan tangga yang aman untuk bisa mengambil buku di rak yang tinggi. (sumber : arninta.blogspot.co.id)

Adapun, sebagai gambaran koleksi buku di Rimba Baca, dilansir dari rimbabaca.com terdapat delapan buku yang paling populer dipinjam di sana saat ini. Di sini pun akan dipaparkan sedikit ketiga buku yang paling populer di pinjam di Rimba Baca.

Pada posisi pertama ada buku berjudul The Tennis Partner karya  Abraham Verghese yang berkisah tentang pengalaman si penulis sendiri sebagai a physician practicing internal medicine.

Untuk posisi kedua, ada buku berjudul The Cure karya Geeta Anand yang berkisah tentang perjuangan menemukan obat dari penyakit pompe.

Pada posisi ketiga ada buku bacaan series anak-anak berjudul Allie Finkle’s RUles for GIrls Glitter Girls karya Meg Cabot. Buku itu berkisah tentang petualangan anak perempuan bernama Allie.

Untuk bisa menjadi anggota, orang tua harus merogoh kocek Rp350.000 per tahun untuk satu anggota.

Dengan menjadi anggota, fasilitas yang didapatkan antara lain, membaca koleksi buku, melakukan art dan craft, menggunakan semua fasilitas termasuk wifi di Rimba Baca sepuasnya.

Selain itu, anggota juga bisa meminjam buku maksimal lima buku setiap pekannya tanpa ada biaya sewa. Namun, kalau telat mengembalikan buku akan kena denda Rp5.000 per buku dan per hari.

Namun, masa peminjaman bisa diperpanjang dengan menghubungi pihak Rimba Baca sehingga kalau belum sempat mengembalikan tidak kena denda yang begitu besar.

Cukup menarik ya untuk dijadikan tempat berakhir pekan bersama keluarga? ketimbang muter-muter di pusat perbelanjaan lagi. [SRY]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *