ANNA KARENINA, Tiga Cinta Segitiga

Anna Karenina, novel karya penulis Rusia Leo Tolstoy itu disebut sebagai salah satu novel legendaris. Buku klasik itu dinilai masih  menarik dan akan menggugah emosi para pembacanya.

Novel karya Leo Tolstoy itu menceritakan tentang kisah Anna Karenina, yang berada dalam kehidupan bangsawan Rusia di abad ke-19. Kehidupan bangsawan Rusia kala itu penuh dengan hura-hura lewat pesta, pertemuan bergengsi antar bangsawan, olahraga pacuan kuda, sampai kegiatan perjalanan liburan, terutama ke luar negeri.

Dari berbagai ulasan yang membaca novel ini dalam Bahasa Indonesia, mayoritas mengungkapkan begitu membenci sosok Anna, tetapi juga mengasihaninya. Kenapa?

Ilustrasi sosok Leo Tolstoy, penulis novel legendaris Anna Karenina. (Sumber : Enterpreneur)

Dalam kisah ini, Anna yang sudah bersuami seorang bangsawan yakni, Count Alexei Alexandrovich Karenin, justru memilih Count Aleksei Kirillovich Vronsky, seorang tentara muda.

Anna akhirnya memilih untuk bersama Vronsky, sedangkan suaminya enggan menceraikan istrinya yang sudah jatuh cinta kepada pria lain tersebut. Pasalnya, saat itu, perceraian adalah hal yang sangat tabu di Rusia.

Kisah cinta segitiga klasik digambarkan di sini, di tengah polemik Anna yang lebih memilih lelaki muda ketimbang Suaminya. Vronsky juga memilih jalan hidup rumit dengan memilih Anna yang sudah bersuami, mungkin lelucon “Dengan yang sudah bersuami lebih menantang” benar-benar ada, hehe.

Padahal, di saat yang sama ada Kitty, gadis muda berumur 19 tahun mencintai Vronsky, bahkan dia sempat berharap dilamar oleh Vronsky saat pesta dansa.

Jika anda mencari kesempurnaan, anda tidak akan pernah tenang” Leo Tolstoy

Di sisi lain, cinta segitiga lainnya bermunculan, Levin seorang petani berumur 33 tahun ini sempat mencoba melamar Kitty, tetapi harus ditolak oleh sang gadis muda itu yang sudah kesengsem dengan Vronsky.

Meskipun begitu, Kitty dan Levin akhirnya bersatu dan selaras dengan pepatah kalau jodoh memang tidak akan kemana-mana.

Selain kisah dua cinta segitiga itu, ada pula kisah percintaan suami istri Stiva dan Dolly. Mereka berdua juga hampir saja memilih jalan perceraian setelah Stiva ketawan selingkuh.

Namun, Anna yang dalam kisah ini terus meminta diceraikan suaminya agar bisa bersama Vronsky, tetapi dia justru menyelamatkan pernikahan Stiva dan Dolly dari ambang kehancuran lewat kata-katanya.

Dikutip, Anna mengatakan, “Selalu ada kata maaf dalam hadirnya cinta, Apalah artinya cinta tanpa maaf.”

Dengan begitu, dalam cerita ini bisa dilihat ada tiga cinta segitiga yang dibahas, dari yang berselingkuh sampai menolak dan ditolak. Pelik sekali kisah cinta dalam novel klasik tersebut.

Di luar itu, ada pula kisah yang menyentuh ketika Alexei tetap menemani Anna, istrinya, saat melahirkan di tengah sang istri terus minta diceraikan. Selain itu, anak yang dikandungan Anna kala itu juga hasil hubungan dengan Vronsky.

Namun, Alexei tetap berusaha menenangkan Anna dan mengenggam erat tangannya. Pada bagian itu, Alexei seolah memaafkan pengkhianatan sang Istri, walaupun setelahnya Anna tetap minta cerai.

Menjadi Film

Kisah Anna Karenina yang tertuang dalam novel klasik ini pun juga sudah difilmkan pada 2013, saya kurang tahu juga terkait film yang diadaptasi dari novel legendaris itu dalam bentuk remake atau film pertamanya.

Film Anna Karenina (2013) yang diadaptasi dari novel karya Leo Tolstoy. Dalam cuplikan film itu digambarkan kemewahan bangsawan Rusia pada abad ke-19. Kisah Anna Karenina bercerita tentang Anna yang memilih pria lebih muda, Vronsky dan meninggalkan suaminya Alexei. (Sumber : Universodea)

Adapun, film itu memakan biaya senilai US$31 juta dan masuk ke jajaran box office dengan total cuan senilai US$68,92 juta.

Dalam film itu, Anna Karenina diperankan oleh Keira Knightley, aktris asal Inggris berumur 32 tahun. Untuk, peran suami Anna, Alexei, diperankan oleh Aaron Taylor — Johnson, aktor Inggris berumur 27 tahun.

Lalu, peran Vronsky yang mungkin bisa disebut antagonis karena memilih istri orang dan menolak cinta gadis muda diperankan oleh Raphael Personnaz, aktor Prancis berumur 36 tahun.

Kalau melihat live action dari novel Anna Karenina ini kebalikan dibandingkan novel dari sisi umur pemerannya.

Suami Anna, Alexei yang harusnya lebih tua dari Vronsky, ternyata malah lebih muda. Berarti dari awal Anna versi film memang sudah menikah dengan brondonghehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *